PARE, kota kecil yg Dinamis…

Posted: October 22, 2007 by mbah admin in Cerita seputar Pare
Tags: , , , , , , ,

Pare, adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Terletak 20 km sebelah timur Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri. Saat ini Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri.

Pare terkenal di sektor agraris dan peternakannya.Tanahnya subur bekas letusan gunung Kelud.Andalan agraris dari Pare adalah mente dan blinjo.pare salah satu sentra peternakan ayam petelur terbesar di Indonesia.

Kecamatan Pare menjadi terkenal di seluruh dunia karena di sinilah antropolog kaliber dunia, Clifford Geertz – yang saat itu masih menjadi mahasiswa doktoral – melakukan penelitian lapangannya yang kemudian ditulisnya sebagai sebuah buku yang berjudul The Religion of Java. Dalam buku tersebut Geertz menyamarkan Pare dengan nama “Mojokuto”. (dikutip dari wikipedia)

Dalam hal budaya, terutama bahasa, warga Pare banyak mendapat pengaruh dari bahasa Malangan, Jombangan/Suroboyoan, dan asli Mataraman/Jawa alus. Anak muda Pare sebagian menyebut dirinya “arek”, sebagaimana sebutan di daerah Malang atau Surabaya, tapi tak sedikit pula yg menyebut dirinya “Cah” atau “Bocah” sebagaimana sebutan di daerah Jawa kulon seperti Madiun, Nganjuk dsb..

Kebanyakan warga Pare telah banyak berasimilasi dg warga pendatang dari luar Pare. Warga pendatang tsb biasanya datang sebagai pegawai, pelajar, dan pekerja. Ini tidak aneh karena walaupun statusnya sebagai kota kecamatan, Pare memiliki banyak instansi pemerintahan, sekolahan, pusat kursus dan lembaga pendidikan formal/nonformal yang tersebar.

Di bidang pendidikan, Pare memiliki puluhan SD Negeri, 4 buah Sekolah Menengah Pertama Negeri, 2 buah Sekolah Menengah Atas Negeri, serta banyak sekolah umum maupun kejuruan swasta lainnya. Yang membuat Pare jadi terkenal ke seluruh negeri adalah keberadaan lembaga-lembaga kursus, terutama kursus bahasa Inggris, yang terpusat di Desa Pelem dan Tulungrejo. BEC, Mahesa Institut, IECC, Harvard, adalah beberapa contoh lembaga kursus bahasa Inggris yang ada di Pare. Keberadaan lembaga2 ini sedikit banyak juga mengangkat perekonomian masyarakat di sekitarnya. Tak heran jika banyak warga dari luar Pare yg menuntut ilmu di Pare…

Di Pare juga terdapat AKPER, AKBID dan AKOP (dulu, sekarang mungkin sudah kolaps). Dua nama akademi yg pertama disebut tadi bisa jadi terkait erat dg banyaknya keberadaan instansi-instansi kesehatan di kota ini, seperti : RSUD Pare, RS HVA Toeloengredjo, RS Amelia, RS Bersalin Kasih Bunda, RS Bersalin Nuraini dan masih banyak lagi.

Di sektor ekonomi, Pare memiliki 2 buah pasar sebagai pusat ekonomi rakyat, yakni Pasar Lama Pare dan Pasar Baru Pare. Pusat keramaian, dalam hal ini toko-toko, sekarang ini banyak terpusat di sepanjang jalan di depan bekas stasiun Pare jaman dulu, menggeser keberadaan Jalan Raya sebagai pusat keramaian. Di Pare kita tidak akan kesulitan menemukan ATM dari beberapa Bank nasional, karena di kota ini ada Bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Jatim, Bank Danamon, Bank Artha Pamenang dsb.

Di sektor olahraga, Pare dikenal sebagai homebase atau markas dari tim sepakbola Persedikab (Persatuan Sepakbola Kediri Kabupaten) yang pernah 2 kali berlaga di tingkat Divisi Utama. Tim ini biasa menjamu lawan-lawannya di Stadion Canda Bhirawa yang terletak tak jauh dari Masjid Agung An Nur. Namun seiring dengan makin meredupnya prestasi Persedikab, bocah-bocah Pare kini lebih mendukung klub Persik Kediri yang lebih bagus prestasinya. 

Beberapa bangunan / ikon yg menjadi ciri khas kota Pare antara lain : Tugu Garuda, Monumen Mastrip, Ringinbudo, Alun-alun Thamrin, Sanggar Budaya dan Masjid Agung An Nur.

Itulah sekelumit gambaran tentang Pare, kota kecil yg tumbuh dinamis seiring dengan perkembangan zaman…(an)

Comments
  1. adyatri says:

    Pare sekarang semakin tergesa gesa juga jalanan yg mulai hilang kehijauannya, dmn pohon2 penyejuk jalan nya sekarang? apakah keseimbangan lingkungan tdk diperhatikan hanya demi kepentingan bisnis?

  2. rendy says:

    helo semua..ada yg tau merchandise khusus tentang kota pare ga? trims.

  3. gunawan says:

    mampir di pare kerumah saudara, sekalian jalan2 ke pasar pamenang. kok parkiran kendaraan di taruh di dalam pasar ya?

  4. ncur says:

    rek….ada yang tau gag sekolah kesehatan setingkat PT yang negri di kota pare,,,,,

  5. dewa says:

    pare kota yg manis untuk di singgahi,mengapa tidak m engangkat candi surowono dan tegowangi menjadi bagian dari aset pariwisata kota pare,saya sudah tinggal 3 tahun di pare dan sekarang masih tetep di singgahan untuk studied english program,selain itu kota pare mempunyai pasar pamenang yg enak buat belanja di pagi hari sembari jalan jalan.

  6. very akop says:

    Nok PARE yo ono depot AYAM PANGGANG seng gag kalah enak’e,pengen seng pedes po manis yo disediakne. ditambah urap-urap kulup kenikir,kacang,toge,aro lalapan..
    panggone jl.gatot subroto 1, pas neng per3an AKOP,sebelah timur e kampus AKPER n AKBID dusun betonan desone pelem.
    nek numpak bus ko malang opo suroboyo mudun akop pas nek ngarep depot.
    suasanane uenak, pelayanane yo terjamin puas….!!!

  7. vika says:

    sudah saatnya kota pare dibenahi menjadi kota pariwisata agar tidak menjadi kota industri seperti surabaya dan jakarta,karena pare mempunyai beragam budaya mulai dari tradisi santri,abangan dan priyayi . dgn mengangkat tempat2 seperti: patung mastrip,ringin budho,garuda,masjid annur,BEC,candi surowono,candi tegowngi,dan aset2 bersejarah lainnya.

  8. bay wong banaran says:

    mengko demo nek digawekno nggon dewe jare ra payu mergo ra enek wong liwat

  9. bay wong banaran says:

    pak insinyur nek namumg dukungan mawon nggeh siap2 mawon tapi nek enten tari’an nggeh ngapunten pak kulo tiang mlarat namung sugih ati tok. ngapunten nggeh pak kulo tiang banaran, ketingalane banaran sak niki radosane kok wonten perbaikan jalan kulo nggeh tumut seneng.

    • pay tonggone bay wong banaran says:

      jo nelongso ngono tho rek..kabeh wong ki yo roto ngrasak’ke bungah susah ,tapi opo arep di enggo susah terus? monggo sedoyo nanem ake niat ning ati nganggo moto i love pare :}

      • sonny bdoors says:

        parekita bergerak dan bekerja dengan niatan yg baik buat kota pare…kami membuat acara dan kegiatan dengan dana patungan dr rekan dan teman yg mau menyisihkan uangnya buat bikin kegiatan di pare…:)

      • arifin yeah yeah says:

        i love pare, aku sayang pare, kulo tresno pare, thamrin semakin hijau mulai terawat dan mulai banyak burung berkicauan..mari kita pelihara lingkungan agar tetap hijau jauh dari asap polusi.

      • kurniawan samiaji says:

        nunut gabung,sebelumnya salam kenal buat mas arifin yeahyeah dan mas sony b doors,saya setuju dengan masukan mas arifin bahwa situasi thamrin sudah berbeda dengan 5 th ke belakang ,sekarang sudah ada petugas kebersihan yg setiap pagi sudah membersihkan areal thamrin,thamrin makin hijau dan sejuk burung2 mulai betah tinggal di thamrin ini makin menambah nilai plus buat para pengunjung thamrin untuk relax setelah seharian bekerja, cmn sayang areal ringin budho yg seharusnya menjadi sakral tepatnya di bawah pohon beringin sekarang menjadi kumuh krn buat tempat kencing dan bakar2 sampah plus jd tempat penitipan perangkat PKL yg kian semrawut, apakah kita tdk memberi tempat buat penganut kepercayaan leluhur yg sudah sekian lama mempunyai hajatan di sekitar patung MBAH BUDHO ? buat mas arifin dan mas sony apakah parekita tidak ada acara bertajuk “lestarikan peninggalan tua dan hijaukan kota kita” ? salam hangat buat warga parekita semuannya.

      • daniel says:

        thamrin sejuk kalau pagi.sambil naik sepeda onthel kami berangkat dari tempat kos bersama kawan2 menuju thamrin untuk minum STMJ deket monumen adipura, pare sudah menjadi kota kesukaanku selain jogja dan bandung. thanks people u’re give a nice moment in my life.

      • kusnan says:

        Mbah budhone pak mbok yo diresik i, panggonan bersejarah kok di koprohne. suwun!

  10. bay wong banaran says:

    ne tahun 2007 enek seng komentar pare kota semrawut piye nek tahun 2010 kiro2 menurutmu apik gak? nek kurang apik yo bangunen dewe sak karepmu. la aku ra ruh seng duwe blok iki sopo yo

    • sonny bdoors says:

      pare tahun 2010? tetep semrawut !!! sing duwe blog iki yo parekita….ndeloke nang deretan makam pahlawan kae..semrawut ora? deloken nang thamren kae, semrawut ora? deloken nang ngarepe SMA 2 kae lak mbengi semrawut ora? bakul jejer nang trotoar kae jenenge semrawut ora? trotoar kan ngo dalan wong mlaku…ora ngo dodolan!!!!…aku seneng lak pare duwe food park…dadi bakul2 kae di gaweke tempat dewe…ora ting semrawut ngono kui !!!

  11. Dedy Iskandar says:

    Assamuikum
    Saya Minta Dukungan
    Panitia Pembentukan Kota Pare Jawa Timur

    Ir Sunardi
    Derector Oetama

  12. hany says:

    wo gg gersik an,,,,,
    wi adik e jepang kancaku scool
    eh yg kommen tolong kasi alamat rumah nya,,,

  13. arifin yeahyeah says:

    heeh… nek sore bar spedaan karo arek2 kadang mampir ,sing nduwe blog iki kang b’doors ,asline gg gresik’an eruh tho? tp saiki domisiline nyang kota gudeg ngayogjokarto hadiningrat cidek kraton..hehe

  14. hany says:

    ora iso ku mek gae mie tok…..
    yo bener porsi jumboo….
    mpane diri mu sering runu …
    eh seng due block iki jane sopo kok gag tau enek ambune

  15. arifin yeahyeah says:

    wah .. brarti isone mek njangan bening thok ki..hehe , kidul prapatan sing nek ngedholi porsi jumbo kulon embong yo .

  16. HANY says:

    ogak q mek seneng tuku tok gag bakat gae nasgor,,,,,,
    kui gone kidule prapatan bringen ora kok ne pasar

  17. hany says:

    enak nasgor nek wariz mantep porsine

    • arifin yeahyeah says:

      nasgor wariz sing ndi? sing njero pasar opo sing nyang gg lawu? hehe..nasgor wariz emang mantab opo maneh nggorenge karo areng..peh ..jan gurih BTW awakmu bukak warung han?

  18. HANY says:

    ngopi yoh nek prapatan bringen

  19. HANY says:

    kodew pare prengus” :d

  20. HANY says:

    WEKEKEKEKKKEKEKE aku ki jek cupu gung ngerti unukui om,,,,ki sokor pasang comen ae cek rame

  21. hany says:

    kok sepi sapa yang punya block ini hayo ngaku????????
    tanggung jwap dong napa jadi sepi

    • sonny bdoors says:

      gmana kl hany buat artikel di parekita? artikel apa aja wis, asal msh cerita seputar kota pare, pasti bakalan rame lg…hayo, brani gk? :D

  22. hany says:

    seng kui lo opo wi???????????

  23. arifin yeahyeah says:

    oyi mas…,nggolek wangsit karo sing kui lho…

  24. hany says:

    asem apane jek panas mergo pohone durung gedi”
    loh ape tok gae opo kok bali kerjo ne surwono golek wangsit tah xixixixixixixixixixixix

  25. arifin yeahyeah says:

    heeh surowono kolam renange adem enak nggae pas bali kerjo…hehe

  26. hany says:

    sepiiiiiiiiiiiiiiiii

  27. hany says:

    wekekekekekeekekek telat gabung……
    salam knal dari hany anak pandan,surowono,,
    renang yuk di surowono weh sueger ……….

  28. paijo says:

    salam kenaal yo cahhhhhh……ki aq yo bru gabung….
    johan..cah mojokuto

  29. paijo says:

    beh suwi gak petok cah2,,koq pngen dolan neng pare…..
    beh pare hawane ra karo2an panase…..goro2 gunungkelud arep njeblos….
    johan…..cah mojokuto

  30. slm tuk semua cah pare
    yang gbg …. cantact sy ….

    jkt..

  31. tuk seika pk ji metal piye kabare ? iki ko gone ku smada pare 1996. biyen pacare ima/ sandra … eling ora ???
    by cah tauladan I ..

  32. jo says:

    piye cah-cah kbare……

  33. dewey says:

    Cak sonny bdoors n mbah admin…maaf…maaf respone luama banget iki…ya silakan coba ae mas…o ya…mas bdoors, uakeh sing bledru e karo jeneng dewey iku…jenggoten barang tapi diceluk mbak e….he..he…no hard feeling lo mas….

    • sonny bdoors says:

      hahahahhahaaa……tk piker lak wedok cak..la jenenge dewey…sorry jg cak..no hard feeling jg kok

  34. firdaus says:

    Go Go go Pare City…!!!!

  35. sonny bdoors says:

    BERITA DUKA

    “TELAH MENINGGAL DUNIA,IBUNDA DARI BAPAK MAYJEND TNI (PURN) SYAMSUL MA’ARIF,SABTU SORE TANGGAL 28-3-2009 JAM.15.30 DI SURABAYA.JENAZAH AKAN DIMAKAMKAN SENIN TANGGAL PAGI, 29-3-09 DI GURAH,KAB.KEDIRI.
    SEGENAP WARGA PARE dan TEMAN-TEMAN PAREKITA IKUT BEBRBELA SUNGKAWA SEDALAM DALAMNYA.SEMOGA AMAL IBADAH BELIAU DITERIMA DI SISI NYA DAN KELUARGA YANG DITINGGALKAN DIBERI KETABAHAN.”

  36. artem says:

    hay mnurutq pare tu bgus coy………………

  37. sonny bdoors says:

    wah susah kl nyari beasiswa di pare…setau saya cuma pabrik BISI yg ngasih beasiswa karyawannya untuk sekolah di luar negeri.

  38. Hendra says:

    Tangapan buat Abdul Azis.

    Saya salut dengan tulisan nya.

    1. Setuju, dengan mengejar / mendapatkan ilmu ; Insya Allah jalan terbuka karena ilmu itu sendiri yang akan menolong.
    Entah ngangsu kaweruh itu dari lembaga pendidikan pribadi ataupun dari formal dari sekolah.
    - keep on doing it + believe on it !
    Ilmu akan menolong kita.

    2. Segala sesuatu pasti ada 2 both side story.
    Dulu :senang senang tanpa melihat dampak kedepan
    Sekarang :menyadari masa lampau apa yang kita telah lakukan.
    Saat ini : Tetap kedepan dengan mengingat “sejarah” kita sebagai peringatan apa yang telah kita perbuat dan kiat akan lebih baik tanpa harus melakukan hal yang salah lagi.

    3. Berbicara ttg Lembaga mana yang mo beri beasiswa pendidikan di Indonesia apalagi di “pare” aduh ……mas pare tuh jauh dari mana mana – ketinggalan 100 tahun ( meski saya sendiri lahir besar dan tinggal disana )

    Ibarat kita harus menemukan jarum di lautan pasir Mas ! Mungkin tapi sangat teramat mustahil !
    Untuk bisa dapet scholarship :
    ====> Harus mempunyai “kelebihan” yang ada dalam diri kita. “Potensi” yang bisa kita demonstrasikan hasil dan dampak +/-.
    Intinya : Kita harus bisa menunjukan diri kita patut memperoleh scholarship karena “kelebihan kita itu adalah mahal/unik ” .

    misal : bhs bagus. kenapa tidak ikut program antar budaya atau pertukaran remaja AFS / JAL .

    misal : pemerhati lingkungan dan punya mission statment “mengentas pare dari kemiskinan dengan bahasa (suatu misal ) kenapa nggak suratin UNICEF beri reportase bawa misi and konklusi ke badan international.

    Nah dari situ mas bisa dapet titik terang. Bisa mengembangkan potensi yang diliki, kelebihannya dimana .. dari situ mas bisa mengembangkan dan cakrawala dunia terbuka.

    Percaya sama saya.
    TIDAK AKAN MUNGKIN LEMBAGA PARE JADI SPONSORSHIP tanpa tahu juntrungan Kita itu siapa , berdiri dimana dan kemana tyujuan stelah mendapatkan scholarship itu.

    kalo gak mo jelimet dan gak mo tele – tele coba aja .

    Suratin GUDANG GAREM – minta scholarship ?

    Guk lak

    Hen

    ps. Mas Bdor / eMabh admin + mascha , coba urun rebuk nya gimana ?
    masa ada sih lembaga yang mo nyekolah kan kita kalo
    kalo kita horem + kubam terus.
    Pasti nya : sebuah kesuksesan diawali dengan perjuangan yang teramat panjang.

    Ambil maknanya :

  39. arifin says:

    support pare movement.

  40. arifin says:

    pare..make me sick,love..and more.

  41. abdul azis says:

    saya adalah salah seorang yang terobsesi dengan kota pare, yaaa walaupunsaya sendiri belum pernah melihatnya,saya kira pare adalah tempat yang kampung buangatz, tapi kata temen- temen walaupun pare tak sehebat kota besar tapi pare mampu menjadi kota yang dapat bersaing dengan kota-kota besar, semakin hari saya semakin tertarik akan cerita tentang pare, tapi yang jadi sudut permasalahan adalah :

    1. ketika usia saya sudah produktif, yang seharusnya adalah bekerja dan mungkin lebih extrimnya lagi menikah /dalam artian tidak merepotkan orang tua,tapi saya malah balik fikir bahwa saya harus mengejar keteringgalan saya dalam hal pendidikan,

    2. setiap saya merasa sedih dan terhar,itu di karenakan sampai dengan saat in saya masih benar-benar terobsesi akan dunia pendidikan,yaaaa maklum masa remaja saya kemarin saya habiskan untuk bermain da hapy fan bareng teman-teman,

    3. saya ingin mengajukan sesuatu ke semua lembaga pendidika erkait yang ada di pare, bahwasannya
    - bolehkah saya mengajukan beasiswa pendidikan . . ?
    - kalaupun bisa di lembaga pendidikan mana . .?
    - kalu ia tolong hub no ini 085222989220 atas nama abdul azis RT/19 RW/07 Gang 12. Desa Penganjang, kecamatan sindang, kabupaten indramayu.

  42. rimba says:

    informasi kursusan di pare bisa visit in my blog. saya sudah posting beberapa kursusan serta harga-harganya. tks

    http://www.ourpare.blogspot.com

  43. rimba says:

    i have stayed in pare for teen months. i really like this small town. i like the price of foods hehe..it was very cheaper than in my town. so i miss pare. if you have morre pare information, please send messege to me in jejaklangkahku@gmail.conm. or in http://www.ourpare.blogspot.com

  44. danu says:

    pare itu punya banyak potensi untuk dikembangin. meski kota kecil, tp potensi amat besar untuk bisa jadi kota besar.
    untuk ngembangin jd kota besar, pare harus punya fokus pembangunan ke arah mana? ke arah pendidikan atau ke arah pemukiman atau ke arah pariwisata?
    klo menurut aq yang asli warga pare sih, mending pare dikembangin ke arah pariwisata. dan yang perlu dibenahi
    adalah obyek2 yang bisa digunakan untuk tujuan wisata, misal: kolam renang corah ditawarkan ke investor untuk dikembangin jd obyek wisata yang lebih bagus lagi. klo nanti corah menjadi terkenal, maka nama pare akan lebih dikenal lagi ketimbang sekarang.
    setelah itu rawat ikon2 pare spt monumen garuda, tugu
    mastrip, tamrin, dll, pasti masyarakat dari luar daerah bakal jadi tertarik untuk berkunjung ke pare. disamping itu, perekonomian masyarakat akan bisa terangkat.
    sebenarnya masih banyak lagi yang mau kutulis, tapi skarang aQ masih sibuk mo kuliah lagi, so, kpan2 tak lanjutin lagi. salam kenal bwt smuanya……

    I LOVE PARE CITY

  45. bambang says:

    tolong dong keadaan pare sekarang kayak gimana??
    hee
    sudah lama enggak ke pare
    hee

  46. nurul says:

    pengen KKN di pare bwt tahun depan. kkira2 di bolehin ma pak bupatinya ga’ ya?
    bwt yang mo ksh saran ato info about kehidupan n lingkungan pare, kirim j ke mee_rold@yahoo.com
    coz i’m very interest with pare. thanks

  47. sonny bdoors says:

    mbak astri yang cantik..hehehe..menurut saya tempat yang tepat buat ruang terbuka di pare di pojok jalan puncak jaya…di situ ada pengembang yang lg membangun perumahan..jd gkda salahnya kl pengembang memberikan sedikit lahan untuk ruang publik. lokasinya di situ sngt baik untuk bermain. trus satu lagi tmpt yg bagus di smpng gdug PMI depan monumen garuda..krn sy liat itu bangunan PMI dr dl smp skrng ya gt2 aja..jd mending dibangun ruang publik sekalian..jd sekalian memberikan kesadaran bt masyarakat pare akan pentingnya donor darah…apalagi ada informasi tentang kesehatan itu malah bagus lg. jd mnrt sy sdh waktunya pare punya ruang publik yg ada sisi edukasinya…bt mbak astri, tunggu aja kejutan dari anak2 parekita bt kemajuan kota pare..di jamin bikin hepi deh…hehehe!

  48. mbah admin says:

    Buat mas Wahyukresna (dan temen2 lainnya yg pengin tahu info tentang kampung Inggris di Pare)…: Sebenarnya istilah Kampung Inggris itu gak 100% tepat. Kalo mestinya yg disebut kampung Inggris itu ya semua warganya menggunakan bhs Inggris sbg bhs sehari-harinya. Ya pak modin, pak bayan, pak calak, mbok bakul warung dst…
    Nah di Pare ini, lebih khususnya di dusun Singgahan dan Tulungrejo,ada istilah Kampung Inggris..krn di situ memang banyak lembaga kursus bhs Inggris dg beribu siswanya. Disinilah letak “added value”-nya bila dibanding dg lembaga kursus bhs Inggris di kota lain. Di Pare, krn banyak siswa yg mondok/kos di dalam satu lingkungan, jadi mereka lebih banyak waktu utk mengaplikasikan “ilmu-ilmu” yg didapat dg teman satu kos dan dg teman sekitarnya. Intinya, jadi punya banyak “sparring partner”-lah utk menguji kemampuan Inggrisnya.
    Soal fasilitas belajar, jgn dibandingkan dg franchise lain macam EF, ILP dst…di Pare tidak ada ruangan yg full AC, ruang kelas bertingkat…semua serba sederhana, khas “pedesaan”. Tp jgn khawatir..spt kata Tukul, wajah boleh “ndeso” tp rejekine “kutho”…he..he

  49. astri says:

    menurut kalian penataan ruang terbuka di kota pare dimana lagi ya…

  50. kenthoes says:

    bwat mas wahyu ..
    kalo emang ngetes conversation, di kampung enggres pare adalah tempat yg tepat …
    nah, sebagai alat komunikasi dan layanan internet di pare, anda bisa datang ke warnet AMOLE..
    AMOLE 1 .Jln Pb. Soedirman 21 Pare (depan kantor pengairan). telp . 0354.397509
    AMOLE 2 . Jln Pb. Soedirman 42 Pare, (depan kantor PLN/ Polres)…

    dijamin apa yg anda butuhkan tentang internet
    pasti terpenuhi…

  51. sonny bdoors says:

    benar mas wahyu..nama kamupungnya singgahan…yg terkenal di situ BEC…main aja ke situ..jangankan pendatang, orang jual bakso aja pake bhs ingris ngomongnya..hehehe..

  52. wahyukresna says:

    aku baru aja denger kota satu ini., soalnya kakak angkatanku merekomendasikan aku tuk main2 ke pare u/ praktek sejauh mana conversation ku.. benar gak to disana pake bahasa asing?

  53. Finna says:

    Mohon maaf,untuk Bpk Seika dari Pare.apa memang bpk yg dulu pernah sekolah di shizuoka,japan periode 1998? kalau betul tolong hub saya.Karena Mr Tsuyoshii bulan juni akan datang ke bali.trimakasih

  54. ali says:

    pare kota kecil yang harus di perbaiki ‘n lebih tertib

  55. indra says:

    kaum pekerja

  56. benjamin says:

    wajahmu Ms Indra biz potong gratiz ne ye???

  57. Mardianto says:

    mas indra bilang :”emg,btl…
    kota PARE emg cadas bgt n’ slain kota ni bnyk skli kaum pekerja keras….”

    Tapi perlu diingat juga banyak orang yang berprestasi dari Pare Tercinta. Banyak sekali orang – orang kreativ juga.

  58. indra says:

    emg,btl…
    kota PARE emg cadas bgt n’ slain kota ni bnyk skli kaum pekerja keras….

  59. mbah admin says:

    Sugeng bergabung dg kita Mas Bambang,..matur suwun kunjungane. Lha iki ono maneh bolo Pare sing nang Jakarta, iso dibentuk Korwil Ibukota ngko…
    Podho mas, Mbah yo kangen sate jalan Kandangan…sampeyan milih endi : Sate Ayam Ponorogo opo Sate Kambing Pak Slamet ???

  60. aku anak pare tapi sekarang kerja di jakarta…semoga pare menjadi kota yang bersih dan indah dan menjadi icon city of future..aku kangen banget ma rujak cingur gang kawi n sate di jalan kandangan

  61. duniamascha says:

    mas gatho …. mascha baek2 ….
    usualan pak .. diadakan laporan pandanganmata khusus pas kawinane anggota kita ( bang tumis ntar januari)
    jadi kasih laporan skalian poto2ne … okeeeeh ???

  62. fredy says:

    kotaku to….wes wes….tambah panas wae…

  63. kenthus ...! says:

    4 gatho ….
    kenthus termasuk ireng`an pek …
    wi cliiford g ki kurang lek ngekei julukan…
    koyo aku,item,be-dhor,uyab dll termasuk ireng`an …
    mbeloer,lyboth, termasuk keceng`an (chawex wes gak masuk pek )….
    nggo mbeloer …. wah lyboth mok kon nggeret2, areke malih dadi `mbah admin geretan` …..

  64. mbeloer says:

    tho ono anggota iki sing inot nangkus tengab lho, mboh sampe kapan nangkus e iku, lha wong ……
    mbah arek2 sing wingi gak teko mbok di geret pisan

  65. mbah admin says:

    kalo Mbah Admin sih perasaan termasuk kategori kaum Unguan…

  66. gatho says:

    kl bilang SARA ya maap-maap aja not. just kidding koq. Mengenai traktiran gampang jack bisa diatur, mau dapur desa apa bumbu desa gak majalah…
    Kembali ke topik awal, Pare Kota Kecil Yg Dinamis, Clifford Greetz dlm bukunya The Religion of Java, membedakan masyarakat dalam pakem Santri, priyayi dan abangan. Dan Greetz melakukan risetnya termasuk di kota Pare, kota kita jack…! Nah kita-kita ini termasuk masyarakat yang mana, apakah santri?, priyayi?, apa abangan? tanyakan pada hati nurani masing-masing. Kalo lek kenthus termasuk yang mana…?
    Kalo “mojokutho” jangan-jangan sing dimaksud mejono (inot maneh..?!)
    Hai…mascha, gimana kbar?!

  67. inot says:

    Wah…gatho ikhi SARA, ojok ngono-lah…sing wis yo wis he…3X
    Kapan di traktir maneh ning dapur desa, opo ning bumbu desa yo ga po-po. Tak tunggu yo, kangen nech….

  68. duniamascha says:

    ckckck .. SARA pakde iki rek .. kekekekek

  69. kenthus says:

    gatho ……….

  70. gatho says:

    allow eperibade….
    sorry jack, lagi iso urun rembug sakiiki. maklum dadi buruh, ga enek wektu longgar, budal isuk muleh bengi, teko omah letoy. Utk smtr ga usah disik ngomong sg berat2, nyantai wae….
    dulur awak dhewe arep crito pengalamane dokter inot, iku lho dokter perawakane rodok gendut, item hobine menyangkut hal-hal sing cabul. iki critane :
    Sebut saja Ibu Lely (nama samaran)masuk ke ruang periksa kehamilan ketika namanya dipanggil petugas .
    Bu Lely : “Halo dok, ketemu lagi.”
    Dr.Inot : “Halo juga. Nama Ibu siapa?”
    Bu Lely : Mosok lali dok karo aku?! Kan saya sering periksa disini.”
    Dr. Inot : “Maaf bu saya lupa. Habis pasien saya banyak sih. Tolong naik ketempat tidur dan buka pakaiannya agar saya periksa.”
    Selang beberapa saat, dr. Inot berkata :”Nah!, kalau ini pasti Bu Lely ya!!!
    Eh….ternyata si dr. Inot mengenal Bu Lely bukan dari wajahnya, tapi…..?!

  71. mbah admin says:

    usul nambah kategori bal-balan ? ok iku yo apik, mergo akeh sing seneng…sakjane blog iki wes tak kenalno nang cah-cah lewat sms, tp mungkin cah-cah rung ono wektu berkunjung, dadi kesane sing mlebu yo cah-cah iki wae…tp tetep kok mbah admin berusaha ngajak/ngundang konco kabeh iku

  72. mascha says:

    usulan nggo pak admin ….
    yok opo lak di gawekno kategori anyar ttg bal-balan. beritane MU, arsenal, chelsea, milan, jupe, inter, ato AAS ROMA
    opo meneh lak enek update pertandingan persik, arema …
    ok gak usule ? benn tambah rame mbah …
    eh sing ngerti blog iki sopo ae sih ? wes di sosialisaikan tah ?

  73. erava says:

    iya nih…sepi, cah-cah biasane kan nggunakne net di kantor, iki dino minggu, sesuk lak rame maneh…

    O iya, ada yg tau info ttg NURSOFA alias TOPA ? cah tunglur sing rupane koyok Dewa Budjana iku lho..

  74. kenthus says:

    pak admin…..
    kok suepi to …..
    maa cah-cah, arek-arek …..
    this is our town …..
    lts make a it colorfull ….

  75. kenthus says:

    buat bedhor…..
    wah commentnya oke …
    panas itu karena pengaruh gunung kelud meh mbledosh paaaak
    rujak cingur oke …… boleh coba di pancaran madep ngulon dab ….
    ngarepe bekas toko buku pancaran ….
    sukses brooo !!!!

  76. mbah admin says:

    juh .. enak iku bakso amole jes .. huahahahha

  77. sonny bedoor says:

    PARE ADALAH KOTA “KAKILIMA”, kota yg semakin tidak jelas arah pembangunane..jd semrawut,panas dan sumpek. bnyk bngt pedagang kakilima di sepanjang jln kediri,jl.jombang dan jl.kandangan..liat aja masjid AnNur, bangunane besar dan megah, tp tidak enak diliat, soale finishing yg setengah hati menjadikan masjid itu jd proyek yg mubazir…bisa membangun tp gk bs memaintence..dab, rujak cingur gg. kawi koq jd gk enak ya??hehehe….aku lebaran kmrn makan disitu koq rasane anyep-jejep…ada yg tau rujak cingur yg enak..???

    • dewey says:

      Rujak cingur enak dan sedeeppp? Ada bro: rujak mbak Sum. Lokasinya di Jl. Nusaindah (d/h Tulungrejo gg I) kira-kira 400 meter dari depan RS HVA masuk ke barat sebelah kanan. ada kok spanduk namanya di situ. supaya lebih gampang, tanya aja siapa aja yang dijumpai di pinggir jalan rujak mbak Sum semua tau…

      selain rujak ada sego jangan asem, sop balungan, mie cingur…kalau lagi ada, jangan tewelnya itu lo broo…o ya..minumnya bisa sari asem, es campur, bir temulawak (tahu kan bir ini zero alcohol!! dan hanya stempel aja ada nama bir minuman produk ngoro ini).

      teh, kopi ada semua bro…dan yang bikin kita balik dan balik ke sana lagi ya…..selain sedepnya ya…murahnya gak ketulungan bro…

      anak-anak saya targetnya kalau lg liburan ke pare, mie cingur…target lainnya, manggroknya di depan warung mbak Sum juga: sore dikit ada bakso kang Jum yang tak kalah ueenaknya…

      di jalan yang sama, kalau malam ada bangsanya mie dan nasi goreng (lupa saya namanya)…lokasinya lebih ke arah barat dari warung mbak Sum…sy sendiri belum pernah nyoba, tapi kata orang enak juga…selamat mencoba dan menikmati…!!!

      • sonny bdoors says:

        mbak dewey….suwun infone..besok kl pulang ke pare wajib di coba..kl bisa semua menu di coba…kl perutnya muat.. heheeheheee…tp yg wajib ya rujak cingur dan bir temulawaknya.

      • mbah admin says:

        kalo di Jl. Nusaindah situ ada juga soto ayam kampung “Pak Min”…rasane gandem marem. Senengane anakku….hehehe
        “maem oto..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s