Tim Burton

Posted: January 10, 2008 by mbah admin in Gaya hidup
Tags: , , , , ,

Tim burton adalah keindahan dalam kegelapan, pria kelahiran california, 49 tahun silam ini telah menggarap sejumlah film sukses seperti Pee-wee’s Big Adventure (1985), Beetlejuice (1988), Batman (1989), Edward the Scissorhands (1990), Batman Returns (1992), The Nightmare Before Christmas (1993), Ed wood (1994), Mars Attacks! (1996), Sleepy Hollow (1999), Planet of The Apes (2001), Big Fish (2003), Charlie and The Chocolate Factory (2005), Corpse Bride (2005), dan yang terbaru Sweeney Todd (2007). Dan semua film yang dibuatnya rata-rata bersetting gelap, surealis, dan gothic banget. Film-film Burton lebih mengajak penontonnya untuk berfantasi dengan liar. Burton adalah eksentrik. Ia berkarya dengan pakem yang tetap artistik, yang sering menampilkan beberapa karakter ganjil. Hampir semua film Burton bercerita tentang seseorang yang kesepian, penyendiri, dan misterius. Dengan karakter negative mental attitude. Cerita satir dan black comedy memang menemukan bentuknya di tangan Tim Burton. Di film “Corpse Bride”, Burton menyuguhkan cerita yang cukup komplet dengan beragam elemen genre horor, komedi, drama, musikal, dan aksi. Semua elemen tersebut diolah dan dieksplorasi dengan apik. Walaupun dikemas dalam bentuk animasi, tetapi nuansa seramnya sangat kental. Film ini menyadarkan kita bahwa tidak ada di dalam dunia ini yang dapat menahan seseorang dari cinta sejatinya. Dengan visualisasi minim cahaya menjadikan film ini sangat gothic. Tapi Burton juga manusia yang mempunyai sisi sentimentil dan mellow, sisi ini dapat dilihat di filmnya “Big Fish” yang bercerita tentang hubungan seorang ayah dengan anak laki-lakinya. Film yang diadaptasi dari novel karya Daniel Wallace ini mengajak kita untuk menghargai figur ayah dan apa yang sudah diperjuangkan dalam kehidupannya. Big Fish mengajak kita untuk berimajinasi sambil tersenyum dan mengambil maknanya. Dan mungkin di benak kita sebagai seorang anak akan berucap “hmm…ternyata susah juga menjadi seorang ayah yang baik bagi anaknya”. Film ini mendapat 4 buah nominasi Golden Globe untuk kategori best picture, best supporting actor, best score, dan best song; serta sebuah nominasi academy award untuk kategori best original score.

Burton adalah pencipta karakter-karakter yang ganjil. Karakter yang ada hanya dalam dunia imaji. Ganjil karena merasa terbuang dari lingkungannya, dan ganjil karena kejeniusannya. Edward Scissorhands, Batman Returns, Sleepy Hollow, Charlie and The Chocolate Factory dan Corpse Bride adalah beberapa film-film Burton dengan karakter yang ganjil. Bahkan, Batman Returns yang dibintangi oleh Val Kilmer jadi sangat terasa “muram” ditangan Burton.

Burton juga mempunyai ketertarikan sendiri terhadap pohon. Film Edward Scissorhands juga menampilkan pohon sebagai media Edward dengan guntingnya yang tajam untuk memotong pohon agar kotanya menjadi indah. Film Sleepy Hollow juga menampilkan sebuah pohon yang dihuni oleh roh jahat. Di film Nightmare Before Christmas, Burton menampilkan gambar pohon cemara yang dipenuhi lampu-lampu indah dan mendadak Jack Skellington tersedot ke dalamnya dan menyadari kalau ia muncul di sebuah tempat yang aneh “Christmas Town”.

Corpse Bride juga menampilkan media pepohonan. Dimana sewaktu Victor Van Dort (diisi suara oleh Johnny Depp) berulang kali gagal menghafal kata-kata saat latihan prosesi pernikahan. Bercampur marah, kesal, dan malu Victor bergegas meninggalkan ruangan dan melarikan diri ke hutan. Dan di antara pepohonan, Victor kembali melatih kata-kata yang harus dihafalkannya. Kali ini Victor dengan lancar bisa melafalkan kata-kata tersebut. Namun, saat selesai mengucapkan janji setia dan melingkarkan cincinnya pada sebuah akar pohon yang membentuk jari, tiba-tiba akar pohon tersebut bergerak dan dari dalam tanah muncul mayat perempuan berpakaian pengantin. “I do,” ucap sang mayat perempuan tersebut sembari mendekati Victor. Tanpa sengaja ia telah melamar Emily, seorang mayat perempuan yang menunggu untuk dibangunkan oleh cinta sejatinya. Victor berusaha kabur, tapi sang mayat perempuan pengantin tersebut selalu berhasil menangkapnya. Segala cara dilakukan Emily untuk menahan Victor di dunianya. kenapa selalu ada pohon yang ditampilkan Burton di film-filmnya? Mungkin Burton mengingatkan kita untuk selalu menjaga lingkungan, untuk mencintai alam. Untuk tidak seenaknya menebang pohon yang akan mengakibatnya kerusakan lingkungan.

Kalau bicara soal Burton, kita harus bicara soal Johnny Depp. Kerjasama kedua orang ini memang menghasilkan karya-karya yang briliant dan artistik. Depp bisa menterjemahkan keinginan Burton dengan total. Cerita film-film Burton menemukan karakternya di diri seorang Johnny Depp. Keduanya merupakan senyawa kimia yang tidak bisa dipisahkan. Sejak film Edward Scissorhands, Depp terus bekerjasama dalam film-film Burton yang lainnya. Johnny Depp memang pas sekali memerankan karakter-karakter yang ganjil, absurd, dan sakit jiwa. Film terbaru Burton, “Sweeney Todd” The Demon Barber of Fleet Street, Johnny Depp (lagi-lagi) didaulat untuk memerankan tokoh utamanya. Dan lagi-lagi Burton menampilkan sosok yang ganjil dengan pisau cukurnya.

Burton juga pernah mengerjakan video klip dari band The Killers yang bertitel “Bones”. Awalnya Burton ogah menggarap klip ini, tapi dengan negosiasi yang agak alot akhirnya Burton setuju mengerjakan klipnya The Killer. Itupun para personel The Killers harus memohon sendiri kepada Burton supaya mau mengarap klipnya. Kolaborasi ini menghasilkan video klip yang apik dan tetap ganjil. Burton adalah keindahan dalam kegelapan, keindahan yang absurd tapi tetap optimis. (sonny bdoors) 

Comments
  1. duniamascha says:

    hahaha … salut, aku ngefans karo wong iki jess, cuman sing rorok bingung, deweke enek hubungan opo abek cliff burton yah ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s