Bloc Party

Posted: March 20, 2008 by mbah admin in Music & Entertainment

Bloc Party

bp

apa hubungan antara “the soviet bloc” di rusia dan “bloc québécois” di canada dengan “bloc party” di inggris?. ketiga makhluk ini sama-sama menyandang nama “bloc”, yang membedakan ketiganya adalah, yang di rusia dan di canada adalah makluk yang hidup dalam dunia politik, sedang yang di inggris makluk yang hidup dalam dunia musik. politik memang bisa mempengaruhi genre sebuah musik. di inggris musik punk di berangus ketika margaret teacher berkuasa. di jaman bung karno dulu musik-musik yang berbau amerika di larang beredar dan musisi yang memainkan musik rock and roll di jebloskan dalam penjara. tumbal dari kebencian terhadap politik amerika itu adalah koes bersaudara (koes plus). setidaknya kita masih ingat kata-kata bung karno “amerika kita setrika, inggris kita linggis”. musik setidaknya bisa mengambarkan atmosfer politik sebuah bangsa. seperti yang terjadi dengan kondisi musik indonesia saat ini yang lirik lagu-lagunya bertemakan cinta yang berdarah-darah, menyayat hati dan merintih-rintih. tapi setidaknya kita punya alasan untuk tidak melihat telivisi, karena hampir setiap jam dan hari, band-band memuakkan itu selalu hadir dilayar kaca kita, baik dalam konser ataupun jadi theme song sebuah sinetron (yang lagi-lagi ceritanya juga memuakkan). david “naif” diwawancarai majalah rolling stone indonesia ketika konser “terusik traxkustik all star edition”, ketika di tanya soal “kenapa band-band seperti the rock, kangen band dan segala macam tidak main di sini?”, dengan diplomatis david berkata,” karena mereka bukan band-band penyelamat bangsa indonesia! yang main disini band-band penyelamat bangsa indonesia!”.


bp2bloc party tidak hidup di indonesia, band ini berada ribuan kilometer dari indonesia. terbentuk di kota essex, inggris pada tahun 1999. formasi mereka terdiri dari, kele okereke (vocals, rhythm guitar), russell lissack (guitar), gordon moakes (bass) dan matt tong (drums). dulunya band ini sering ganti-ganti nama, mulai dari the union, superheroes of bmx, the angel range and diet. sampai akhirnya mereka memutuskan memakai nama bloc party. album pertama mereka dirilis pada bulan pebruari 2005, dengan titel “silent alarm”. album ini mendapatkan pujian dari kritikus musik di inggris. silent alarm berhasil nangkring di urutan 3 tangga lagu inggris, dan mendapatkan platinum. lirik dalam album ini berisi tentang peristiwa dan keadaan politik saat itu. lagu-lagu seperti, banquet, helicopter, pioneers, bergantian menduduki tangga lagu di inggris. bloc party mulai menjadi bahan pembicaraan dikalangan anak muda inggris. nama bloc party pun terdengar sampai ke amrik. musik mereka mendapatkan apresiasi yang bagus dari publik musik di amrik. yang kemudian mengantarkan mereka untuk tour keliling amrik.tour ini di akhiri dengan konser di los angeles dengan tiket sold out. bloc party menjadi band pendatang baru yang paling populer pada tahun 2005. kesuksesan mereka menarik the chemical brothers dan mengajak okereke mengisi vokal pada lagu “believe” untuk album the chemical brothers terbaru “push the button”. kisah sukses album ini terus berlanjut, pada bulan agustus 2006 album remix “silent alarm” diliris. band electronic seperti ladytron, m83, death from above 1979, four tet and mogwai ikutan berkontribusi dalam album remix ini. band ini juga memasukan lagu “the present” dalam album “help: a day in the life”. yang hasil keuntungan dari penjualannya diperuntukan membantu anak-anak korban perang.

bp3bulan pebruari 2007 album kedua bloc party dirilis, album ini diberi titel “a weekend in the city”. sound di album ini lebih meriah dan lebih ngerock. sama halnya dengan band-band rock inggris yang lebih suka dengan riff-riff gitar yang sederhana dengan kombinasi sound clean dan terkadang efek distorsi yang masuk ditengah-tengah lagu dengan picking yang panjang membuat album “a weekend in the city” memiliki karakter “british sound” banget. dengan variasi beat-beat drum new wave atau sedikit beat london disko. variasi sound dalam album ini mengingatkan kita akan sound-soundnya band pendahulu mereka seperti, the cure, les savy fav, blur, the smashing pumpkins, sonic youth, the smiths, pixies, dan joy division. musik di album pun dituduh menjiplak musiknya gang of four, yang kemudian di sangkal oleh para personel bloc party bahwa mereka ngak pernah mendengarkan musiknya gang of four sebelumnya. apapun tuduhan itu, menurut saya album “a weekend in the city” bolehlah di sejajarkan dengan album-albumnya radiohead, u2 atau mungkin bjork. mengingat album ini sangat kaya akan eksplorasi sound-sound yang aneh dan sedikit ganjil juga. lagu-lagu seperti waiting for the 7.18, the prayer, i still remember, hunting for witches, on, uniform, sangat enak sekali didengarkan ketika bangun tidur, atau ketika pekerjaan kita lagi menumpuk dan membuat kita jadi suntuk, lagu-lagu bloc party siap membantu kita sedikit mengendorkan urat saraf kita yang sedang kaku-kaku.

bp4bloc party tidak hidup di indonesia, band ini berada ribuan kilometer dari indonesia. mungkin kalau band ini hidup di indonesia pasti menjadi salah satu band penyelamat bangsa indonesia. bangsa yang perlu diselamatkan dari carut marutnya sistem pemerintahan. bloc party tidak hidup di indonesia, band ini berada sangat jauh dari negeri ini. kalau pun band ini hidup di indonesia pasti akan menyanyikan lagu cinta yang berdarah-darah dan memuakkan itu. sudah saatnya musik kita lebih mempunyai hati nurani dan lebih jujur. bukan hanya memikirkan soal uud(ujung-ujungnya duit) saja. kita butuh perubahan dan kitalah yang muda-muda, yang hidup dalam dunia independent yang harus merubah sistem itu. mungkin kita harus menyimak kata-kata alvin toffler dalam bukunya future shock “bahwa perubahan itu sendiri pun berubah. perubahan itu kian lama kian begitu cepat, hingga masa depan seakan-akan telah menongkrong di cuping hidung kita ini. dan kita pun, yang kepergok, yang tak siap, terguncang dan kehilangan jejak”. sebelum kita terguncang dan kehilangan jejak, kita harus menciptakan nasib kita sendiri. (sonny bdoors)

“why do you go picking fights that you’ll lose?
so why do you go thinking thoughts that are above you?
’cause i was brave, intelligent; i could have been a hero
no-one can be trusted under the age of fourteen
my joy and pain is relative
i’ve gotten so good at lying to myself

’cause we’re so handsome and we’re so bored
so entertain us, tell me a joke
make it long, make it last
make it cruel, just make me laugh
we can’t be hurt, we can’t be hurt”
(bloc party “uniform”,
a weekend in the city album)

bp5

 

 

Comments
  1. sucux says:

    wah..bener tuh!!

    bloc party keren bgt!!

    g kaya Band-band Indonesia “sampah estetika”.

    kecuali ERK..

    hehehe

  2. sonny bdoors says:

    “Silent Alarm” adalah sebuah album untuk dimiliki dan dikagumi. “’cause we’re so handsome and we’re so bored,so entertain us, tell me a joke”

  3. redmistletoes says:

    the greatest band in the planet, indeed!!!

  4. skiin says:

    aku fans musik sebelum era 2000-an, lokal-manca. misalny : rush, deep purple, led zappelin, duo kribo, giant step, dll.
    sampe skarang masih aktif berburu (khusus format mp3, wma, cda, dll).
    sangat membutuhkan sumbangan musik2 smacam itu dr tmn2. yg mau minta jg d persilahkan… wis, pokoke di gawe gampang ae..

  5. 0pX says:

    mo nanya efek2 gitar yg dipake kedua gitarisnya apaan ya?
    adakah yang bisa membantu?

  6. divin says:

    ehh,ku pgn bRita na The Rock Indonesia dong..
    aKuu ngfans bgd nii ma The Rock Indonesia…
    oc??
    pLeasee iiaa………
    ma pHoto na jgag…

  7. sonny bdoors says:

    ahhh…akhirnya ada jg yg suka sm britsound…karena kita disini sibuk dgn rutinitas sehari-hari yg kadang bkn boring. sebenarnya bnyk bngt artikel yg sdh setengah jadi. tp ya itu td, rutinitasnya gk bs ditinggalin..ya tunggu aja ya artikel selanjutnya..ato mas mardianto ato yg lainnya kl pny artikel boleh koq di upload di sini, di emailkan aja.okeee…

  8. U2, Blur, Muse, Manic Street Preachers adalah sebagian dari band british fav gw. kalo dr uncle sam gw suka Sum41, LP, Jimmy Eat Word, Greenday & Maroon 5, Matt Kearney (Solo) juga gw suka.. ahh banyak bgt dah fav gw. Ga’ tau napa (gimana) mereka bisa punya lyric yang dahsyat bukan hanya ttg cinta tapi persahabatan, keluarga bahkan politik. Bravo music Bule:D (jgn ditiru!! sangat tdk nasionalis)

  9. Mardianto says:

    Mas minta Review ne phantom planet, kok sak iki gak pernah nggawe album, padahal lagu koyo california utowo lonely day enak lho !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s