Godfather of Rock n Roll

Posted: May 5, 2008 by mbah admin in Music & Entertainment

Godfather of Rock n Roll Music

Coba apa yang ada di pikiran kalian kalo mendengarkan kata “Rock & Roll Music“? pasti jawabanya tentang music yang berasal dari Amerika yang muncul sekitar tahun 50an, yang di pelopori Chuck Berry, B.B King, Ray Charles, Buddy Holly, Little Richard, atau artis dari Sun Record (Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, Carl Perkins, Roy Orbison, Johnny Cash).

tielman

Mereka yang saya sebut diatas emang Rock n Roll Music pioneers yang ada di peta musik, tapi anda melupakan satu sosok pahlawan Rock n Roll yang berasal dari negri yang kita sayangi ini, mereka adalah Tielman Brothers. mereka adalah band pertama berasal dari indonesia yang sukses go International di tahun 1950an, mereka juga salah satu pioneers of Rock n Roll yang sangat berpengaruh di Eropa, mereka muncul jauh sebelum The Beatles atau Rolling Stones. dan musik mereka disebut INDOROCK, yeah perpaduan antara Music Indonesia dan Barat. yang berakar pada musik keroncong.

Perjalanan musik The Tielman Brothers dimulai di Surabaya pada tahun 1945, dimana empat kakak beradik laki-laki dan seorang adik perempuannya, Jane, sering tampil membawakan lagu-lagu dan tarian daerah. Kemampuan musik mereka diturunkan dari sang ayah, Herman Tielman, seorang kapten tentara KNIL (yang akhirnya ditangkap oleh tentara jepang dan dimasukkan ke kamp konsentrasi), yang sering bermain musik bersama teman-temannya dirumahnya di Surabaya. Band ini dulunya memakai nama THE TIMOR RHYTHN BROTHERS, yang kemudian dirubah menjadi The Tielman Brothers. Asal tau aja, band ini juga pernah main di kediaman Presiden Soekarno.

Berawal dari ketertarikan Ponthon untuk memainkan contrabass yang diikuti saudara-saudaranya yang lain. Reggy mempelajari banjo, Loulou mempelajari drum, dan Andy mempelajari gitar. Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan membawakan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya. Tawaran tampil pun berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Sampai pada akhirnya pada tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda. kepindahan mereka ke Belanda mengantarkan mereka untuk melakukan tour keliling Eropa. The Tielman Brothers adalah salah satu hal yang patut kita catat dalam sejarah musik rock and roll di Indonesia, khususnya Surabaya sebagai barometer musik rock di Indonesia. 

ttb

The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, dibelakang kepala atau dibelakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore

Lihat Video dibawah ini, The Beatles & Rolling Stones akan terasa seperti amatiran…hahaha, dan jika kamu merasa sebagai orang Indonesia….you should be proud guys…(”si peniup salju” dan sonny bdoors)

Comments
  1. duniamascha says:

    mmmm …. boleh juga neh …
    ada yg minat ???

  2. sonny bdoors says:

    buat teman2 yang domisili di jakarta tgl 11-13 juli ada rock parede di jakarta..pagelaran rock paling besar di indonesia. ada 100 band rock, 3 panggung..di tennis indoor senayan..be there or be sorry…soalnya ada andy tielman jg bro…beli aja mjlh rolling stone edisi juli, d situ ada informasi lengkapnya…ada juga wawancara dgn andy tielman…HIDUP INDOROCK!!!

  3. sonny bdoors says:

    sadis dan provokatif…thank buat peniup salju..soale dia yg membuat artikel ini. aku cuma menambahkan sedikit aja koq…buat si peniup salju tak tunggu artikel yang lainya.

  4. duniamascha says:

    sadiissss …… jimi hendrik basi, jimi page bablas …..

    hanciiiiik :))

  5. kenthoes says:

    b`doors …. again ….
    god damn “think” …………….
    juh …… entuuuuuk ae ….
    wah …. suwe2 entuk artikel asal muasal “mabes” barang ki ….
    huebat dhor, paling ndak kita emang mesti bangga ama the Tielman Brother, tyt yg dianggap sbg dewa rock n roll (the beatles, elvis dll), tyt emang jadi keliatan basi ….!!!!
    qiqiqie …. salut dhors , besok lagi cari artikel the “Gieman” Brothers …. yooooooo

    salam…. cah aseli pare

  6. Peniup Salju says:

    yups benar…musik black metal masuk neraka hahaha
    canda bos

  7. sonny bdoors says:

    metallica, megadeth masuk dlm genre musik metal..sedangkan GNR masuk dlm genre rock, kalau collective soul masuk dlm genre alternative rock..tp kpn2 akan kita buat artikel soal collective soul…btw thank atas commentnya.

  8. rumputsawah says:

    rock and roll tetep metallica,megadeath, guns and roses dan sebangsanya! mbah aku minta ulasane collective soul, soale lagune enak – enak! koyo energy, run, heavy
    suwun sing kathah mbah !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s