SATE DAN KERIPIK 02

Posted: May 16, 2008 by mbah admin in Cerita seputar Pare
Tags: ,

Olahan Makanan dari Daging Bekicot Khas Kediri

Bosan dengan pilihan menu kuliner di sekitar anda ??? Mungkin anda perlu mencoba sajian Sate 02 dan Keripik 02. Jenis makanan apa lagi nih…kok pakai kode 02.

Ya, bagi masyarakat Kediri umumnya dan Pare khususnya, Sate 02 dan Keripik 02 adalah istilah untuk menyebut olahan makanan dari daging bekicot. Berarti ya Sate Bekicot dan Keripik Bekicot…

Daerah Jengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri adalah terkenal sebagai penghasil bekicot, baik yang diperoleh dari tangkapan alami maupun yang sudah dibudidayakan. Warga di sana kemudian mengolah daging bekicot tersebut menjadi sate ataupun keripik.

Eiitss..bagi anda yang sedang berkunjung ke Pare, tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Jengkol untuk mencoba menu yang satu ini. Anda bisa menikmati Sate dan Keripik Bekicot ini di seputaran Taman Thamrin Pare. Tepatnya di seberang selatan dari Taman Thamrin.

Dijual dengan konsep lesehan sebagaimana penjaja makanan lain di sekitarnya, Mbok penjual sate dan keripik bekicot ini buka selepas maghrib. Menurut pengakuan si Mbok, bekicot yang dijualnya itu juga berasal dari daerah Jengkol.

Tidak seperti jenis sate lainnya, sate bekicot ini tidak dijual bersama nasi atau lontong, sehingga lebih sebagai “gadon” atau kudapan. Tapi kalau mau dibungkus pulang lalu dimakan dengan nasi ya..ok juga kok.

Sate bekicot ini dalam satu tusuknya berisi 3 daging bekicot. Harga satu tusuknya cukup murah Rp. 200,-. Bumbunya, seperti lazimnya jenis sate lainnya, ada bumbu sambal kacang, kecap, dan tentu saja irisan bawang merah. Silakan diincipi…boleh juga pesen rasa agak pedaas. Hhmmm…Gandem…mareemmm.  Ada rasa kenyal yang khas dari daging bekicot, gurih dan sedap.

Sedangkan keripik bekicot di situ dijual dalam kemasan plastik. Satu kemasan harganya Rp.1000,-. Kalau keripik ini mungkin tidak begitu asing bagi kita karena sudah banyak di”ekspor” ke kota-kota lain. Rasanya ?? tentu saja kriuk-kriuk…gurih.

Tapi, pesen penulis…kalau mau beli sate dan keripik 02 ini jangan lebih dari jam 8 malam, biasanya udah “Sold Out” !! Apalagi pas malam minggu… Mau coba ???

Comments
  1. M. YAKUB says:

    Welah…dadi kepingin juga nyicipi rasane sate O2.

  2. dytautami says:

    sip jg nie kalo lagi boke cari bekicot ajj disawah terus sate dehh…. lam kenal yaa..

  3. A Iwan Kapit says:

    Wooowww….hahahhaha
    senangnya ada teman yang juga suka meliput kuliner!

  4. danoe says:

    kayaknya ada satu penganan yang sebenarnya sudah menjadi salah satu khas pare atau kediri pada umumnya dan sekarang sudah menjadi sumber penghasilan utama banyak warga pare yaitu EMPING MELINJO. Di Pare yang menjadi sentra industri emping melinjo seperti kampung meduran dan gang lawu kayaknya cocok untuk diliput. secara, emping menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi pare city.

    salam perantau di prabumulih sumsel

  5. aris mw says:

    wah yo co2k dasareee rasane enak,idus tur nyampleng top l;ah pokoke, aku ajari carane masak suing u..idus thoo…

  6. Yudi says:

    Untuk pemesanan keripik bekicot dapat menghubungi UD. CHOCHO, dengan alamat :

    * Ds. Minggiran RT 01 RW 02 Telp (0354) 529997 Kediri HP : 03547109361 (CP : Boedi Setijono)
    * Dsn. Kemiri Ds. Pehkulon Kec. Papar Kab. Kediri Telp (0354) 47843385. HP 081234176795 (CP : Kholil)

  7. Sugianto says:

    Wah, emang mantap bekicot ya,
    nggak nyangka kalo sekarang jadi makanan ekspor.
    Jadi pengen pulang nich tuk nyicipi bekicot jengkol

    Salam kenal semuanya
    Batam

  8. mbah admin says:

    Buat Mas Deddy Zatta dan Mas Agiel…

    Utk info order pembelian aneka makanan olahan dari bekicot ini, mungkin bisa coba hubungi alamat berikut ini :

    Ibu Suciati, Perum Bumi Asri Blok S, No.34, Kediri, Jawa Timur.
    Telp (0354)695576

    Semoga info ini membantu Anda….

  9. agiel says:

    mohon info nya email saya :lotten@pacbell.net bagi bagi mas2 yg tahu mohon info nya

  10. agiel says:

    mas saya mau tanya tempat untuk membeli bekicot mentah di kediri bagian mana mas___bekicot itu untuk pakan alternativ lele saya……mohon info nya …THX….

  11. inot says:

    Terimakasih mas deddy zatta…atas komennya,untuk temen2 parekita bagian usaha ( kenthus dkk.) yang tahu jelas tentang alamat atopun no yang bisa dikontak untuk pemesanan kripik bekicot silakan informasikan segera..trims..

  12. DEDDY ZATTA says:

    Kolonuwun Mas,

    Dengan semakin banyaknya panganan saat ini apalagi setelah saya membaca artikel ini kok rasanya pengen juga loh nyicip yang namanya panganan tempo doeloe, karena kata orang tua saya pada jaman penjajahan mereka suka makan yang namanya bekicot dalam olahan apa saja.

    tolong ya mas, kita diberikan info alamat untuk membeli keripik ini. terima kasih loh atas segala bantuannya.

    wassalam,
    Deddy Zatta – Palembang Sumatera Selatan

    Alamat :
    Jl. Raflesia Blok-D9 No.15
    Komplek Perusahan Pusri Borang
    Sako Kenten – Palembang
    Telp. 0711 816314

  13. inot says:

    aku inget pas masih di RS HVA,tiap kunjungan ke klinik perkebunan jengkol,mesti disuguhi mbak sri..eh,kliru satene mbak sri…lek ga ngono yo mampir langsung ke warunge…jan uenak tenan..he..he..he..

  14. rory says:

    Uenak tuenannnn.. iso difranchise gak yooo..

  15. plenthing says:

    Hello mbah admin…sory gak pernah nongol…pas baca bekicot…wah gak tahan juga untuk tidak berkomentar..warung mbak sri…warung favorit saya..di Taiwan bekicot jg ada cuman lebih mahal, bumbunya gak sesedap bekicot plosoklaten…

    salam dari taiwan
    plenthing

  16. infogue says:

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/
    http://kuliner.infogue.com/olahan_makanan_dari_daging_bekicot_khas_kediri

  17. cwq says:

    peh lak ngene iki maleh pengen moleh …juh!!
    haruse mben warung2/tmpt makan neng pare sing dadi masterpiece kudu di bahas ….
    1. sate pak slamet
    2. pecel pancaran
    3. dawet gang kawi
    dll
    woooy anggota sektor pare ganok sing sumbang poto ???

  18. sonny bdoors says:

    mbelorrrr ki iso ae….!!!!jangan mengingat-ingat masa lalu loh lorrrrr….tak ajar kwe mengko..wakakakakak…!!!

  19. mbah admin says:

    warung mbak sri depan lapangan Jengkol..skr masih ramai dan tambah ramai. Gak cuma olahan bekicot, masakan khas Jawa Timur lainnya lengkap ada.
    Bagi yg dolan ke kawasan wisata Ubalan/Kalasan, Plosoklaten..kayaknya wajib mampir (promosi gratis nih….)

  20. rumputsawah says:

    lha iki sing paling asli lan paling enak soko plosoklaten!

  21. mbeloer says:

    alah bedor nang warung sate bekicot kok karo robet,yo ra mungkin pasti karo arek sing gawe rok mesthine, kan sik seneng sing berbau rok2 an karo blouse2 an he he

  22. sonny bdoors says:

    aku biyen kl mbolos sekolah gaweane moro nang warung sate bekicot di plosoklaten kae..warunge mbak sri kalau gk salah…sambil ngebir..biasane budale karo robet kae..hahahaha!!!

  23. mbeloer says:

    Ono sing ketinggalan iki, warung e Uyab koplakan kudune prioritas juga, wah lek iku ketokane free mbah he he

  24. kenthoes says:

    mbah admin …
    wah aseli lek ngejak kenthoes, aseli bakalan bangkrut, soale kenthoes bakal ngejak nyonya yg sedang hamil, yg notabene doyan makan…..

    oke sbnrnya di otak pgnnya mau sumbang artikel, sprti yg disampein ama mas b`Dhors, tapi utk sementara waktu pending dulu lah …

    its my pare-kita,…. so make it full off our colour …!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s