Tahukah Anda : Logo, Warna Kebesaran dan Asal-usul Julukan Persik ?

Posted: March 6, 2009 by mbah admin in Bal-balan
Tags: ,

persik-logo1

LOGO

Logo Persik berbentuk segi lima dengan warna latar merah dan hitam. Di dalam segi lima itu terdapat dua gapura berwarna kuning. Ini melambangkan kejayaan Kerajaan Kediri di masa lampau. Di antara dua gapura tersebut ada simbol bunga yang diambil dari logo PSSI, menunjukkan bahwa Persik Kediri adalah anggota dari organisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Di atas gambar gapura terdapat tulisan PERSIK, sebagai nama kesebelasan dan tulisan KEDIRI di bawah gambar gapura, menunjukkan kota asal klub ini.

Logo Persik ini adalah buah rancangan dari seorang seniman Kediri bernama Harsono. Beliau dikenal juga sebagai seorang guru di kota tahu ini. Logo Persik ini dipakai hingga sekarang dan belum mengalami perubahan.

team-2006

WARNA KEBESARAN

Setiap klub sepakbola pasti memiliki warna kebesaran tim, yang diwujudkan dalam warna kostum mereka dan segala sesuatu yg berhubungan dengan klub. Malahan ada tim yang mendapat julukan khas berasal dari warna kebesaran klub. Di luar negeri, ada “The Reds”, “The Blues”, “Rossoneri”, “Nerazzuri”, “Bianconeri” dst. Bagaimana dengan Persik ?persik_8-besar

Tentu Anda mudah menjawab, warna kebesaran Persik adalah UNGU ! Malahan warna ungu ini sudah merasuk ke seluruh kota Kediri. Tidak hanya untuk tim Persik, kebanyakan sudut-sudut kota Kediri bernuansa ungu. Kalau Anda jalan-jalan di Kediri, spanduk, cat pagar kantor, tembok-tembok, bahkan tempat sampah pun bernuansa ungu.

Tapi jangan salah, sebenarnya warna kebesaran Persik adalah MERAH dan HITAM ! Ini sesuai dengan warna latar dari logo Persik seperti di atas. Semenjak berdiri pada tahun 1950, kostum kebesaran Persik adalah kaus berwarna merah dan celana berwarna hitam. Lalu bagaimana ceritanya kok tiba-tiba Persik jadi berubah ungu?

kostum-putih2

team-persik

Ada cerita unik di balik berubahnya warna kebesaran Persik itu. Persik mulai mengenakan kostum ungu itu sejak sekitar tahun 1999, saat masih mengikuti kompetisi Divisi II. Waktu itu jabatan manajer tim mulai dipegang oleh Iwan Budianto. Saat itu Iwan hendak membelikan 2 set kostum buat Persik untuk persiapan kompetisi. Karena syaratnya memang setiap klub minimal harus punya 2 set kostum yang berbeda warna, satu sebagai kostum utama dan satu lagi kostum cadangan. Nah, Iwan hanya memegang uang Rp. 700.000 untuk dibelikan dua set kostum. Setelah muter-muter, ternyata harga satu set kostum yang kualitas bagus hampir Rp. 500.000,- . Tentu gak cukup duitnya untuk beli 2 set. Pikir punya pikir akhirnya Iwan memutuskan untuk membeli kostum yang agak murah harganya dan yang warnanya jarang dipakai oleh klub lain. Dan kostum itu berwarna UNGU !

Semenjak itulah Persik lebih dikenal dengan kostum ungunya. Tidak ada alasan historis yang khusus untuk menjelaskan berubahnya warna kebesaran Persik, selain hanya keterbatasan dana tim waktu itu. Tapi siapa sangka dengan kostum ungu itu Persik menemukan “hoki”nya. Dua kali meraih gelar juara Ligina di tahun 2003 dan 2006 telah membawa Persik sebagai salah satu tim yang diperhitungkan di kancah sepakbola nasional.

el-loco1

Warga Kediri dan Persikmania khususnya sudah terlanjur jatuh cinta dengan warna ungu. Setelah Persik juara Ligina tahun 2006, sempat muncul wacana untuk mengembalikan warna kebesaran Persik ke merah dan hitam. Tapi wacana itu akhirnya hilang dengan sendirinya karena banyak Persikmania yang menolak. Malahan saat Persik melakukan variasi kostum tandang mereka dengan warna kuning dan pernah juga pink…Persikmania tetap kurang sreg. Jadilah seperti sekarang ini, untuk kostum kandang ungu-ungu-ungu dan kostum tandang putih-putih-putih.

Kalau dulu pada awalnya Persik kesulitan untuk menyediakan kostum dalam mengarungi sebuah kompetisi. Pada dua musim terakhir ini Persik mendapat dukungan dari perusahaan apparel terkenal dari Italia, Lotto. Dalam kontrak perjanjian kerjanya, Lotto akan mensupport semua kebutuhan apparel tim mulai dari kaus, celana, kaus kaki, tas, celana training, jaket dan sebagainya.

logo-pemkot

ASAL-USUL JULUKAN MACAN PUTIH

Lazimnya sebuah klub sepakbola pasti punya julukan khusus buat tim. Tak terkecuali Persik Kediri, “Macan Putih” adalah julukan yang melekat dengan tim 2 kali juara Ligina tersebut. Julukan ini tidak muncul semenjak Persik berdiri, tapi baru muncul saat Persik tampil di Divisi II, saat Ketua Umum Persik dijabat oleh Walikota Kediri H.A. Maschut. Dan mulai dipatenkan saat Persik promosi ke Divisi I pada tahun 2001.

Julukan Macan Putih diambil dari lambang Pemerintah Kota Kediri. Di dalam lambang Pemkot Kediri tersebut terdapat 3 unsur utama, yaitu Buto Locoyo (Ki Ageng Dhoho), perisai atau tameng, dan macan berbulu putih. Nah, dari gambar itulah muncul julukan kebesaran Persik, MACAN PUTIH. **Violetta de Pare **

(diambil dari berbagai sumber, terima kasih buat KOMUNITAS PERSIKMANIA BRAWIJAYA)macan-putih

Comments
  1. robby says:

    semoga pershk thn dpn bisa masuk ke isl

  2. kirana says:

    cak,, mau tanya, yang jual atribut persik di daerah jogja di mana ya???

  3. RENDRA says:

    AYO PERSIK TUNJUKAN TARINGMU Q KAN SLLU MENDUKUNGMU. LOVE PERSIK

  4. rian says:

    buat rekan2 persik mania. .terusLah dukung persik. .
    mari kita bantai aremania. .boromania. .blitar mania . . wukhe??

  5. ayu says:

    persik luv u so much,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  6. dodisetya says:

    di sini saya berdoa utk persik spy th dpn ttp di ISL

  7. RABID says:

    Aku prna d kasih tau sama ZUAN, slah satu pentolan persikmania TEPI BARAT. . Dulu aremania slalu datang k kediri, kalo gag slah pda wkt persik masi d divisi 2. . Meskipun mreka hanya 4 org, atawpun 2org. . Mreka slalu dtng d kediri pada saat persik brtanding. . Nah saya mau tanya….. Apakah benar hal itu? By tepibaratgringging@yahoo.co.id FB

  8. Jon arif says:

    Persik,aq kecewa dg prestasimu.tapi km ttp di hati

  9. anam says:

    aku bangga menjadi anak kediri apalagi persik kediri,,,,,……..uiwiiiiiiih ciamaik
    bravo persik
    from persik mania tepi barat

  10. noisy says:

    i love persik
    aQ persik mania sejati
    don’t give up

  11. iqbal says:

    q akan slalu mendukung warna ungu, terus berjaya persik
    I LOVE YOU PERSIK

  12. kris says:

    pak wali jangan rekrut kembali gonzales harganya mahal

  13. A malik says:

    Persik tetep menang law yoooo

  14. ganda says:

    yo teteplah ngedukung persik ojok sampe’ enggak

  15. andik r. says:

    ayo straiker persik tujukkan gol gol mu buat arema
    6 0 arema itu mambu pertahankan club mu. Yongki Sakti Patricio nanti tunjukkan gol gol cantik mu biar menjadi juara ISL musim ini ok……………..dari spoter persik

  16. donys says:

    persik juara sejati pertahankan

  17. diana says:

    i love you persik ku kan slalu mendukungmu

    DARI

    DIANA MANIA

  18. nanang says:

    persik selalu di hatiku!!!!!!!!!!!

  19. rio says:

    ap benar danilo,fargundes ap mau balik ke persik?

    • mbah admin says:

      tidak ada kabar pasti tentang kembalinya Danilo dan Fagundes. Kayaknya kecil kemungkinannya. Kecuali Persik dapat suntikan dana besar-besaran…Dulu mereka pergi kan krn Persik dah gak punya uang lagi.

      Sementara ini, Persik tidak akan menambah pemain baru hingga putaran I selesai.

  20. joy says:

    persi tak ada tandinganx

  21. […] Tahukah Anda : Logo, Warna Kebesaran dan Asal-usul Julukan Persik ? […]

  22. Eni says:

    majuuuuuuuuuuuuuuu persikku!!

  23. Yongki_Lovers says:

    Hatiku cuma untuk Yongki,,,Maju terus PERSIK…BRAVO

  24. Anonymous says:

    Semoga perik thn dpn hrs juara ILOV YOU PERSIK

  25. Oc@h_naRziZ says:

    peRsiiiK ThU eMank keyEn aBizZ……..

    gAG Da yaNg biZaa ngaLaHin diEcH…!!!!

    pA Lg yAnG naMa’Na saKTiawan n yOngKi,waDuCh TOP aBIZz…….

    tPi yaNg Au heRanIn,npOow peLaTih na pKe’ GnT sgL???kAn LebiCh asYik’kan Aji SantOso??!!!

    Tp GaG phA-pHa dEng…kY’ gMnPuN PERSIK tTp TOP bgD!!
    HidUuupp…mAcAn pUtiH!!
    ThanK’s a Lot……

  26. nur wahid says:

    wah bntr lagi ku jadi persikmania nih
    kan calon istriku orang kediri
    eehheheeheheh……………..

  27. makki says:

    we love persik….

  28. dinar hari purwanto says:

    ayo arek kediri kobarkan semangatmu untuk dukung persik mania kami army persik mania NTB SALAM MANIS UNTUK ANAK KEDIRI

  29. nganjuk mania says:

    q nak nganjuk ayo bangkitkan persik dan jadilah juara

    I LOVE YOU PERSIK

  30. mbah admin says:

    He..he..iya nih,enaknya ngomongin bola aja, drpada ribut masalah Caleg dan Pemilu..whatever, whoever…Who care ?? Ora nggagas caleg-caleg an..

    Betul, ide Persik kembali ke warna asal merah hitam memang gak salah…krn ada dasarnya, tapi Mbah lebih “feeling” ke warna ungu deh.

    1. Di Indonesia, bahkan di dunia, jarang tim yg berkostum ungu. Paling cuma Persita dan Fiorentina aja deh yg terkenal. Kesannya tidak pasaran…Kalau merah, biru, hijau, kuning (bukan warna parpol lho..) sudah jamak.
    2. Mbah gak mbayangin jika Persik kostumnya merah hitam lagi. Iya kalo nanti dikira mirip AC Milan, tapi kalo dibilang PERSIKPURA ???

    TETEP DUKUNG PERSIK, No Anarchy, Just Good Football..! (Say No to Politics and Election)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s