Kho Ping Hoo

Posted: October 15, 2009 by mbah admin in Gaya hidup

Ide saya menulis ulang biografi asmaraman Kho Ping Hoo ini berawal pada waktu jalan-jalan di pegadaian dan mampir di Perpustakaan Mastrip.

Saya tidak tahu banyak mengenai kho ping hoo, karena saya lebih senang baca komik dan novel yangg ringaan–ringan, tetapi sewaktu baca buku di Perpustakaan Mastrip saya tidak sengaja baca salah satu seri dari Kho Ping Hoo, lama-kelamaan saya mulai menyukai cerita2 nya, banyak nilai positif yg terkandung di dalam karya Kho Ping Hoo, karena beliau dapat menerjemahkan etika bangsa timur khususnya Jawa dan Cina.

Nama Asmaraman S. Kho Ping Hoo sangat popular sebagai penulis cerita silat. Penggemarnya sangat luas, terdiri dari generasi tua maupun muda. Latar belakang budaya etnies Cina sangat mewarnai karya-karyanya. Pengetahuannya soal dunia persilatan membuat karya-karyanya begitu hidup. Pengolahan alur ceritanya membuat pembaca selalu penasaran.

Penulis yg sangat produktif ini mendobrakkan pendapat umum yg mengatakan bahwa menjadi penulis tidak bisa memberi jaminan finansial untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kho ping hoo membuktikan kalau anggapan ini salah. Dari 400 judul cerita bertema silat cina,serta sekitar 50 kisah dengan latar belakang kultur jawa,Kho ping hoo menangguk uang jutaan rupiah.Pada akhir 1970-an, Ia mampu memperoleh pendapatan Rp 2 juta per bulan atau 20 kali lipat penghasilan seorang pegawai negeri rendahan.

Asmaraman S. Kho Ping Hoo lahir di Sragen pada tanggal 17 Agustus 1926. Pendidikannya hanya sampai kelas 1 HIS. Tapi minat bacanya tinggi. Plus, kemampuan beradu jurus yangg diperolehnya dari sang ayah. Dua kombinasi ini sudah cukup memberikannya inspirasi untuk menulis. Mengaku banyak terpengaruh oleh filsuf india, Krisnamurti, Kho Ping Hoo mulai berimajinasi dalam dunia tulis menulis sejak 1958. Cerpen pertamannya dimuat di majalah terbesar Indonesia saat itu, Star Weekly. Selanjutnya karya silat perdanannya “Pedang Pusaka Naga Putih” dimuat dalam majalah “Teratai” yang didirikannya bersama sejumlah pengarang. Sedang karyannya yg paling terkenal adalah “Pendekar Super Sejati”.

Latar tulisannya tidak melulu berlatar belakang etnis Cina. Kho Ping hoo juga dengan fasih mendeskripsikan budaya jawa dalam cerita-cerita karangannya. Hingga kini Karya-Karyannya masih banyak dicari dan dikoleksi masyarakat. Dalam sejarah cerita silat, barangkali tidak ada karya yang bertahan puluhan tahun seperti Kho Ping Hoo. Namannya lebih terkenal ketimbang karya sastrawan “serius”.

Cerita-cerita Kho Ping Hoo banyak di hiasi kata mutiara maupun hikmah positif yang bisa di petik pembaca tanpa harus menganalisisnya secara rumit. Ia memiliki prinsip yg banyak dianut oleh orang dari berbagai latar belakang, termasuk pengusaha dan politikus, salah satu kalimatnya yang terkenal adalah “Seorang musuh terlalu banyak buat saya, tetapi sejuta sahabat masih kurang”.

Meski sudah dipanggil Sang Pencipta pada hari jum’at, 22 juli 1994, Kho Ping Hoo masih di kenang oleh jutaan penggemarnya.

(arifin yeah yeah, warga tulungredjo suka the beatles sekali kali Baca komik)

Sumber: buku 100 tokoh yg mengubah indonesia, koran bekas, internet.

Comments
  1. sudarmanto says:

    weleh weleh kok yo enek sing jik eling kho ping hoo yo? mbiyen buku-buku kui tak lalap entek pas akeh wektu longgar.jaman mbiyen koleksi lengkape nyang taman bacaan abadi jl mastrip lan perpus kawedanan saiki podho nyang ndhi yo? kagem poro sedulur sing podho seneng kho ping hoo sumonggo di unjuk teh angete hehe.

  2. arifin yeah yeah says:

    salam knl jg mas iwan ,sampeyan jg seneng cersil jg ya? maaf kl tulisannya kurang bagus maklumlah masih blajar menulis ,o ya…ada sedikit masukan kuliner buat sampeyan barangkali sampeyan nulis artikel lagi.di dalam pasar pamenang ada warung pecel kl pagi biarpun penampilannya kurang rapi tp pecel nya enak dan murah ,tempatnya di deket penjual arang ,bakulnya jg udah mak2 ekonomis kl buat sarapan pagi .ok tetap bagi2 info.

    • duniamascha says:

      masukan ae bro, kalo nulis yang kuliner, lokasinya jangan yang susah2 … untuk awal yang kira2 mudah dijangkau dan bisa untuk wisata kuliner bareng keluarga … OK, suwun

      • waduh…bisa gemuk nie liputan kuliner terus,tapi memang sudah dasarnya suka madang kok hahhaha…Ok matur tengkyu buat masukannya. Akan di usahakan seperti saran-saran sampeyan. Sekarang saya sedang menyelesaikan 1 lagi liputan kuliner di Pare.Maap kalau terlambat…

  3. tulisan dan ikhtiar yang bagus untuk mencoba mengingatkan kembali sosok dan karya KPH bagi warga pare…Salam kenal buat mas arifin…🙂

  4. ciput says:

    ketokane ning mastrib, bukune boleh – boleh juga ya.

  5. mbeloer says:

    santi wigati lengkap tuh untuk koleksi kho ping hoo nya

  6. sonny bdoors says:

    terus terang, aku gk bgt seneng baca novel2e KPH…tp krn skrng sdh jd barang yg di cari kolektor, novel2 KPH jd buruan bnyk orang…buat cak ipin yeah yeah, lanjutkan belajar tulis menulisnya :D…di tunggu artikel selanjutnya🙂

    • arifin yeahyeah says:

      Haha ,aku juga termasuk ABK kok mas (anak baru kho ping hoo),entah kenapa kok bisa seneng ama novel2 KPH ,apa karena aku habis nonton film nya jet lee ama jackie chan (forbidden kingdom) maleh kepingin baca cersil? entahlah .ok untuk belajar menulisnya pasti akan dilanjutkan ,thanks mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s