Halal Bihalal Komunitas Arek Pare Jakarta 2010

Posted: November 1, 2010 by duniamascha in Cerita seputar Pare

Dino sabtu 30 oktober 2010, jakarta kroso mendung, bagaskoro katon isin ngawuryaning bhumi. Tapi roso kepingin ketemu wargo Pare sing sak paran ning Jakarta mbuncah, ora peduli rintik-rintik …. pokoke bablas nang TMII.

Jam 10 pagi PAREKITA meluncur ke TMII, kemaren sih agak sliwir-sliwir dengernya di anjungan Jawa Timur. Lha kok pas nyampe sana kok Mas Iyek gak kliatan, pede ae wes … tanya sama tukang sound system-e, “Bang, Mas Iyek dimana ya?”, heheh dari wajahnya si abangnya kliatan kalo gak ngerti, lha mek plonga-plongo thok ….

Wassalam deh, ternyata selain gak kenal mas Iyek, wong-e yo rodok brebegen kupinge … wekekekek. Setelah tolah-toleh ternyata salah kamar, acara di anjungan Jawa Timur ternyata acarane Halal Bihalal arek mBatu, … jiiaaahh

Setelah telpon konformasi sama mas Iyek, ternyata Halal Bihalal Arek Pare tempatnya di anjungan Kalimantan Timur. Beda tipis rek …. Anjungan Jatim ambek Anjungan Kaltim …

Setelah sampe anjungan kaltim, ternyata mas Iyek udah nunggu, sekedar perkenalan tentang PAREKITA dan misi-misinya, lalu kita minta ijin untuk sedikit ngrusuhi meja penerima tamu … hehehehe. Sungguh menyenangkan sekali, meskipun beliau-beliau sudah ‘berumur’ tetapi tetep semanak sama yang muda-muda. Jadilah kita dapet lapak special di sebelah meja tamu.

 

Tak lama pun para tamu-tamu alias piyantun-piyantun Pare domisili Jakarta mulai rawuh, ternyata umur beliau-beliau sangat jauh dari PAREKITA, ada yang lulus SMA awal 70-an, sementara team PAREKITA belum lahir hehehe gak popo sing penting kebersamaan.

Jam 11.30 acara Halal Bihalal Arek Pare Jakarta resmi dibuka oleh mas iyek sebagai ketua Arek Pare Jakarta. Sebelumnya mas Iyek memintakan maaf atas ketidak hadiran beberapa pentolan Arek Pare yang tidak bisa datang, antara lain Bapak Syamsul Ma’arif, yang sedang dalam tugas bhakti di daerah bencana. Dalam sambutannya beliau menjelaskan beberapa program dari Arek Pare yang sudah terealisasi seperti bantuan sumbangan buku untuk sekolah-sekolah di kota Pare tercinta, selama penjelasan yang divisualisasikan dengan pemutaran video itu mas Iyek banyak menceritakan bahwa sebenarnya warga Pare sangatlah potensial, beberapa murid dari kota Pare telah berprestasi secara nasional (tae kwon do, olimpiade fisika dll)

Setelah sambutan dari mas Iyek, selanjutnya acara diisi oleh do’a dari pak Jafar. Pada awal doa, beliau sempat guyon pake boso jowo pare-an, seneng rasane denger boso jowo pare-an di jakarta, aneh-aneh tombo kangen .. hahaah. Kemudian doa dan dilanjutkan pengumuman tentang keberadaan PAREKITA, beliau menyambut gembira keberadaan PAREKITA, dan berharap bisa menjadi media pemicu kreativitas warga Pare, dan berpesan jadi arek pare gak usah isin po minder ….. kudu bangga!!! (setuju pak)

Selama acara terus berlangsung, tamu-tamu tetap mengalir, meskipun jumlahnya tidak seberapa dibandingkan SANYURI, tetapi komunitas Arek Pare terlihat guyub dan akur banget, team Parekita-pun semakin semangat memperkenalkan majalah PAREKITA kepada beliau-beliau.

Tanggapan beragam kita dapatkan, ada yang berkomentar :

“Wah mas, majalahe apik tenan tapi kok cilik yo … mbesuk meneh rodok digedekne ae ben mocone gak usah nggawe kocomoto”

“Iki isine opo yo mas ? soale anakku wes gedhe-gedhe, dadi ora pati ngerti pare. Mbek menowo ae PAREKITA iso dadi obat kangen…”

hahahahaha nggih pak .. nggih buk …. team PAREKITA mek mesem-mesem ae. yaaa namanya juga masukan dari sesepuh yo kudu di inggih-i.

Sampailah pada acara puncak, yaitu Halal Bihalal sesama warga Komunitas Arek Pare Jakarta, kita mulai bersalam-salaman selayaknya acara halal bihalal, enek ae sing nyeletuk …. “Acarane riyayan idul fitri tapi kok wes meh idul kurban .. hahahahah”

Selama acara berlangsung, musik pengiring gak bernah berhenti, apalagi diacara ini hadir pula pentolan musik asal pare yang sudah hijrah ke jakarta, sopo maneh lak gak mas Hari Katub. Beliau didampingi anak didiknya yang turut menyumbangkan beberapa lagu sebagai penghangat suasana yang sedikit mendung.

Habis halal bihalal, acara makan-makan dan santai ….

disini banyak warga komunitas Arek Pare yang nyebar sendiri-sendiri, nyari tempat buat ngobrol-ngobrol dengan yang lain, melepas kangen setelah beberapa lama gak berjumpa, ckckckck …. masio tuwek lak ketemu konco lawas tetep ngekek thok isine, …… hahahaha :))

Gak terasa waktu terus bergerak …. jam menunjukkan pukul 14-an. waktunya bubar …. Lha kok ndilalah tukang pothone kok yo wes muleh …..yo apes rek, gak onok poto bersama sing resmi heheheh

acara diganti dengan nyanyi bersama, semua saling bergandengan tangan … bersama-sama menyatukan rasa ….bersama-sama menyanyi … bersama-sama menari ….

kemesraan ini … janganlah cepat berlaaaaluuuuuu ….

kemesraan ini … ingin kukenang selaaaaluuuuu …..

bener-bener mengharukan dan menggembirakan, pengennya sih terus-terusan ngobrol ngalor ngidul tapi waktu jualah yang harus memisahkan …..

Salut untuk bapak-bapak dan ibu-ibu warga Komunitas Arek Pare Jakarta yang selalu guyub rukun di rantauan. semoga kekompakan ini bisa menular kepada kita-kita yang masih muda, dan semangat beliau-beliau untuk memajukan Pare selalu membara …..

HIDUP PARE ……….. !!!!!

 

parekita + hari katub

parekita + mas iyek

 

 

 

 

Comments
  1. muhammad basuki says:

    soory baru lihat sekarang tentang parekita. tolong kontribusi nyata untuk pare apa bagi komunitas arek pare yg ada di jakarta.pare sangat membutuhkan kontribusi dalam bentuk yg nyata seperti membantu penataan kota yang nyaman

  2. duniamascha says:

    asik sih asik thus … cuman yo ngono kui …isinie pini sepuh2 :)) wakakak
    enek sing konco sak bangkune bu dewi mashitoh (kepsek smada), enek sing lulus 1970 ..
    lak program2 parekita sih gak secara formal diomongne, cuman pas beliau2 neng lapak parekita, liat2 sambil kita jelaskan apa itu parekita.
    secara umum sih mendukung, cuman koyoke masih ada gap masalah content majalah parekita

  3. mbeloer says:

    bakal dadi acara rutin po gak Wek ?

  4. sonny bdoors says:

    kapan rencana onok kumpul2 meneh weq?

  5. iwan diskro says:

    whuuueh … dah kasih tau apa yg dilalui parekita + program kedepan blum pakde …? asyi tenan ki ketok`e kumpul2`e …

    • duniamascha says:

      asik sih asik thus … cuman yo ngono kui …isinie pini sepuh2🙂 ) wakakak
      enek sing konco sak bangkune bu dewi mashitoh (kepsek smada), enek sing lulus 1970 ..
      lak program2 parekita sih gak secara formal diomongne, cuman pas beliau2 neng lapak parekita, liat2 sambil kita jelaskan apa itu parekita.
      secara umum sih mendukung, cuman koyoke masih ada gap masalah content majalah parekita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s